Jumat, 25 Januari 2008

Sinarasah Keris

Ketika Mataram mampu mengalahkan Pati maka Sultan Agung memberikan penghargaan kepada abdi dalemnya dengan memberikan hiasan emas pada keris maupun tombak para abdi dalemnya, hal ini sebagai tanda balas jasa negara kepada para abdi dalem atas jasa - jasanya untuk mengalahkan Adipati Pregola penguasa Pati tahun1558. Banyaknya hiasan pada keris ataupun tombak tergantung dari kedudukan pemilik keris atau tombak dalam pemerintahan kerajaan Mataram, ada yang hanya pada ganjanya saja, tetapi ada juga yang sampai pada bilah kerisnya, makin tinggi kedudukannya maka makin banyak pula hiasan emas yang ditambahkan pada keris sang pejabat tersebut. Kinatah , adalah istilah untuk hiasan keris yang menonjol dari permukaan keris,sedang Sinarasah adalah hiasan emas yang rata dengan permukaan bilah keris seperti yang ada dalam gambar ini.
Biasanya hiasan itupun mengandung arti sendiri, dan mas kawinnya juga cukup tinggi.
Anda bangga dengan karya putra bangsa ini ??? Seharusnya kita semua bangga dengan karya seni bangsa kita, dan mari kita peduli dengan harta warisan kekayaan budaya kita.
Posted by Picasa

4 komentar:

Unknown mengatakan...

sebagai tanda balas jasa negara kepada para abdi dalem atas jasa - jasanya untuk mengalahkan Adipati Pregola penguasa Pati tahun1558. Banyaknya hiasan pada keris ataupun tombak tergantung dari kedudukan pemilik keris atau tombak dalam pemerintahan kerajaan Mataram

== K o M e N t A r H a n S e N ==

Banyaknya hiasan pada keris ataupun tombak itu menandakan kedudukan, oleh karena itu jika kita terapkan dalam dunia militer, jika pangkatnya mayor, bunga nya satu. makin banyak bunga bisa jadi let kol ataupun kolonel.. makin berprestasi bisa jadi jendral bintang satu, dua, tiga dst.

jadi saya yakin keris ini akan seperti namanya bersinar sepanjang masa untuk tetap membela bangsa dan negara.

jayalah terus N K R I

salam,

Hansen

Unknown mengatakan...

Saya perhatikan keris ini, sarung keris nya kok sama persis warnanya seperti baret ungu ya ?

terus kepribadian pak Deddy juga suka warna unggu, saya pernah bertamu ke rumah pak Deddy juga..

rumah nya pak Deddy juga warna unggu

Warna ungu memberikan makna akan keanggunan, royalti, kebangsawanan, kerohanian, kemewahan, kerajaan.

semoga warna unggu memiliki makna seperti diatas.

salam,

Hansen

Unknown mengatakan...

Memang tidak salah Korps Marinir berlambangkan keris samudra yang menandakan bersinar sepanjang masa untuk tetap membela bangsa dan negara.
Keris kepanjangan dari keANGKERannya dapat diWARISkan,jayalah"KOPRS MARINIR"

Unknown mengatakan...

Keris sebagai lambang kehormatan para ksatria digdaya yang membela kehormatan akan keyakinan dan jati diri pada masa kerajaan kerajaan di tanah jawa.
Kesan ANGKER dan MIRIS yang terpancar dari pancaran perbawa dari masing masing bentuk memiliki nilai budaya maupun kharisma pemiliknya.
Salah satu warisan yang harus kita lestarikan.


BECEPE